PPL

PPL
Aku tak akan melupakan murid2ku...

Selasa, 23 April 2013

RPP HASAD, RIYA, ANIAYA DAN DISKRIMINASI


                                   

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Tentang:

HASAD, RIYA, ANIAYA DAN DISKRIMINASI

Oleh:
 Zainal Masri
NIM: 09101023






Guru Pembimbing:
Hema Anita.A S.Ag
           NIP.19750405 200501            2 006


SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 3
PADANG PANJANG
2013

 (RPP)

Satuan Pendidikan      : SMA/MA
Mata Pelajaran             : PAI
Kelas/Semester            : X/ I  
Alokasi Waktu             : 2 x 45 Menit (1 Kali pertemuan)

A.    Standar Kompetensi
1.      Menghindari Prilaku Tercela

B.     Kompetensi Dasar
1.      Menjelaskan  pengertian  hasad, riya, aniaya dan diskriminasi
2.      Menyebutkan contoh perilaku  hasad, riya, aniaya dan diskriminasi.
3.      Menghindari perilaku hasad, riya, aniaya dan diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari.

C.     Indikator
1.1.1   Menyebutkan pengertian hasad, riya, aniaya dan diskriminasi
1.1.2   Menyebutkan contoh perilaku  hasad, riya, aniaya dan diskriminasi.
1.1.3   Menghindari perilaku hasad, riya, aniaya dan diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari.

D.    Tujuan
1.        Siswa mampu menyebutkan menyebutkan pengertian hasad, riya, aniaya dan diskriminasi
2.         Menyebutkan contoh perilaku  hasad, riya, aniaya dan diskriminasi
3.        Menghindari perilaku hasad, riya, aniaya dan diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari.




E.     Materi Ajar
HASAD, RIYA, ANIAYA DAN DISKRIMINASI
1.        Hasad
Hasud secara bahasa berasal dari kata حَسَدَ  yang berarti rasa atau sikap tidak senang terhadap kerahmatan atau kenikmatan yang diperoleh orang lain dan berusaha untuk menghilangkannya atau mencelakaanya orang lain tersebut.
Rasulullah bersabda:
إِيَّاكُمْ وَالْحَسَدَ، فَإِنَّ الْحَسَدَ يَأْكُلُ الْحَسَنَاتِ كَمَا تَأْكُلُ النَّارُ الْحَطَبَ
Artinya : "Hati hati kalian dari sifat hasad, karena hasad itu memakan kebaikan sebagaimana api melalap kayu bakar" (H.R Abu Dawud dari Abu Hurairah r.a.)

Adapun hakekat hasad adalah: Membenci nikmat Allah kepada seorang hamba walaupun tidak berkeinginan hilangnya nikmat tersebut
Bahaya yang ditimbulkan oleh sifat hasud
1)      Dapat merusak iman orang yang hasud
2)      Dapat memutuskan hubungan persaudaraan dan menghapus segala kebaikan yang pernah dilaksanakan
3)      Dapat menimbulkan kerugian atau bencana baik bagi pendengki maupun orang yang di dengki
4)      Dapat merusak mental ( hati ) pendengki itu sendiri, sehingga kehidupan merasa gelisah dan tidak memperoleh ketentraman.

2.        Riya
  Menurut bahasa riya berasal dari bahasa Arab yaitu dari kata " الِريَاءُ "  yang berarti  memperlihatkan atau pamer.
             Sedangkan menurut istilah riya adalah memperlihatkan diri kepada orang lain, supaya diketahui kehebatan perbuatannya,baik melalui pembicaraan, tulisan dan sikap dengan tujuan mendapat kan perhatian,  kedudukan,  pujian,  sanjungan dan  tujuan – tujuan lain  yang bersifat keduniawian.

Rasulullah SAW bersabda:
 “Sesungguhnya yang paling aku khawatirkan atas kamu adalah syirik kecil”. Para sahabat bertanya, “Apa itu syirik kecil wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, “Riya’, kelak di hari kiamat ketika amalan manusia diberi balasan, Allah ‘Azza wa Jalla akan mengatakan kepada mereka (yang berbuat riya’’), “Pergilah kepada orang yang kamu harapkan pujiannya sewaktu di dunia dan lihatlah apakah kamu mendapati pahala dari mereka?” (HR Ahmad)
Contoh perbuatan riya yaitu :
1.      Seorang siswa mau melaksanakan tugas piketnya secara baik sesudah guru masuk ke kelas, dengan harapan agar guru menilai bahwa siswa tersebut tergolong siswa yang rajin melaksanakan tugas.
2.      Seseorang menyantuni anak yatim di hadapan banyak orang dengan maksud agar orang banyak menilai dirinya sebagai orang yang dermawan dan baik hati.
3.       Seseorang yang mempunyai kecerdasan yang luar biasa, sehinga ia memamerkan dan menonjolkannya kepada setiap orang
4.      Seseorang akan menunaikan ibadah haji dengan tujuan ia dapat mendapat gelar haji dan di puji orang lain.
2.    Zalim atau Aniaya
             Kata zalim berasal dari bahasa Arab yaitu dari kata  ظلم “Zholim” yang berarti gelap,,aniaya,  rugi, atau menempatkan sesuatu bukan pada tempatnya. Lawan kata zalim adalah adil.
             Sedangkan menurut istilah zalim adalah perbuatan yang melampaui batas terhadap jiwa, harta atau kehormatan orang lain dan menentang terhadap kebenaran.
Allah berfirman:

`tBur £yètGtƒ yŠrßãn «!$# y7Í´¯»s9'ré'sù ãNèd tbqãKÎ=»©à9$# ÇËËÒÈ
barangsiapa yang melanggar hukum-hukum Allah mereka Itulah orang-orang yang zalim.

Ada pun Bentuk dan contoh perbuatan aniaya yaitu :
1.      Zalim kepada Allah, dengan cara tidak mau melaksanakan perintah allah dan melaksanakan laranganNya.Contohnya : meninggalkan ibadah shalat, puasa, zakat dan ibadah lainnya,bahkan berbuat syirik, sihir dan perbuatan terlarang lainnya.
2.      Zalim kepada diri sendiri,
Contohnya : Membiarkan diri sendiri tetap bodoh,miskin, malas, minum-minuman keras, bunuh diri dan lain-lain.
3.      Zalim kepada orang lain (sesama manusia),
Contohnya : mengumpat, mengadu domba, memfitnah, mencuri, merampok, penyiksaan, pembunuhan, dan lain-lain.
4.      Zalim kepada makhluk lain atau alam sekitarnya,
Contohnya : menebang pohon tanpa aturan, membuang sampah sembarangan, menyembelih binatang dengan senjata tumpul, dan lain-lain

Cara menghadapi orang dzalim
Al Quran telah memberi petunjuk kepada kita dalam menghadapi orang-orang yang telah mendzalimi kita:
1)      Tolaklah kejahatan itu dengan kebaikan.
Jika ada orang yang berbuat jahat, balaslah dengan kebaikan.
2)      Jika ada orang yang jahat kepada kita dengan perbuatannya dengan perkataannya atau dengan sesuatu yang lain maka balaslah hal itu dengan kebaikan.
3)      Jika ia memutus hubungan persaudaraan atau pertemanan denganmu, cobalah jalin hubungan baik dengannya. Jika ia mendzalimimu maka maafkanlah ia.
4)      Jika berbicara tentang kamu janganlah engkau hiraukan.
3.   Diskriminasi
  Diskriminasi adalah perbedaan.
             Sedangkan menurut istilah diskriminasi adalah bersikap membeda-bedakan atau memisahkan antara sesama manusia, baik karena perbedaan derajat, suku, bangsa, warna kulit, jenis kelamin, usia, golongan, ideologi dan sebagainya. 

Allah Swt Berfirman:

Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa - bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.           

Dalam hadist juga dikatakan:
Sesungguhnya Allah tidak melihat kepada jasadmu, dan tidak pula kepada bentukmu, akan tetapi Dia melihat kepada hati kamu, kemudian menunjuk ke dadanya dengan telunjuknya.” (HR. Muslim). 

Menurut George A Theodorson dan Achilles George Theodorson dalam A Modern Dictionary of Sosiology mengartikan bahwa diskriminasi adalah perlakuan yang tidak seimbang terhadap perorangan atau kelompok berdasarkan sesuatu,biasanya bersifat katagerikal, atau atribut – atribut khas berdasarkan suku, bangsa, agama atau  kenggotaan  kelas – kelas sosial. 



F.      Metode Pembelajaran
1.      Ceramah
2.      Tanya Jawab
3.      Talking Stick
4.      Inkuiri   

G.    Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Alokasi Waktu
1.      Pendahuluan/Pembuka
a)      Kegiatan Guru
1)      Menyiapkan mental siswa, diantaranya; membaca Basmalah dan berdoa, mengambil absen siswa, memeriksa kesiapan lokal dan siswa.
2)      Memotivasi siswa untuk mengikuti pembelajaran dengan menjelaskan tujuan pembelajaran
3)      Apersepsi dan mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan.
4)      Mengadakan preetes, untuk menguji pemahaman siswa mengenai materi yang akan diajarkan.
b)      Kegiatan Siswa
1)      Membaca Basamalah dan berdoa.
2)      Mendengarkan guru mengambil absen.
3)      Menyiapkan diri mengikuti PBM.
4)      Mendengarkan guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan metode yang digunakan dalam PBM.
5)      Menjawab pertanyaan guru seputar materi yang akan dipelajari, serta mengikuti preetes yang diadakan oleh guru.
10 menit

2.      Kegiatan Inti
a)      Eksplorasi
1)      Kegiatan Guru
a)      Guru menjelaskan meteri pembelajaran kepada siswa.
2)      Kegiatan Siswa
a)      Siswa mendengarkan dan memperhatikan  penjelasan materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru.
b)      Siswa mencatat hal yang penting dari penyampaian materi dari guru.

b)      Elaborasi
1)      Kegiatan Guru
a)      Guru melibatkan peserta didik dalam menggali informasi mengenai materi pelajaran.
b)      Melibatkan peserta didik dalam pembelajaran, serta menciptakan suasana kelas yang kondusif dengan pola interaksi yang terarah.
c)      Guru menyuruh siswa membuat satu buah pertanyaan perorang di kartu yang telah diberikan.
d)     Guru menukarkan pertanyaan kepada siswa yang berbeda, dan menyuruh siswa yang berbeda untuk menjawabnya.
e)      Bagi siswa yang benar memberikannya reword.

2)      Kegiatan Siswa
a)      Melibatkan diri dalam aktifitas pembelajaran.
b)      Berkompitisi dalam menjawab pertanyaan yang di buat oleh teman-temannya

c)      Konfirmasi
1)      Kegiatan Guru
a)      Memberikan penguatan mengenai materi pelajaran.
b)      Menjawab pertanyan/persoalan yang belum dipahami oleh siswa.
2)      Kegiatan Siswa
a)      Mendengarkan penguatan materi   pembelajaran yang di sampaikan oleh guru.
b)      Menanyakan persoalan yang belum dipahami.
60 menit

3.      Penutup
a.       Kegiatan Guru
1)      Menyimpulkan hasil pembelajaran dengan bersamaan membimbing peserta didik mengambil kesimpulan hasil pembelajaran.
2)      Memberikan umpan balik kepada siswa berkenaan dengan materi pelajaran.
3)      Melakukan penilaian berkenaan dengan materi pelajaran.
4)      Memotivasi siswa dalam pembelajaran dengan menerapkan sistem Riward.
5)      Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
6)      Menutup pembelajaran dengan membaca Hamdallah.
b.      Kegiatan Siswa
1)        Mendengarkan dan mencatat kesimpulan pembelajaran  pada hari itu.
2)        Mengikuti penilaian yang dilaksanakan oleh guru.
3)        Mendengarkan guru menyampaikan rancangan pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
4)        Menutup pembelajaran dengan membaca Hamdallah
20 menit


H.    Media dan Sumber Belajar
1.      Media
a)      Power Point
b)      Infocus
c)      Video

2.      Sumber
a)      Suci Rahayu & Toifuri, 2007 Pendidikan Agama Islam SMA (Jakarta: Ganesa Exact)
b)      Al-Qur’an dan terjemahannya
I.       Jenis Penilaian
1.      Teknik                         : Tulisan
2.      Bentuk instrumen        : Esay


J.       Istrumen
1.        Sebutkanlah satu contoh perbuatan Hasad, dengki, riya dan aniaya? Dan bagaimana cara menjauhinya?



Guru Pembimbing                                           Padang Panjang,25 Februari 2012
                                                                        Mahasiswa


 Hema Anita, S.Ag                                         Zainal Masri
 NIP.19750405 200501 2 006                                    NIM. 09.101.023






Tidak ada komentar: