RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Tentang:
ZAKAT
Oleh:
Zainal Masri
NIM:
09101023
Guru
Pembimbing:
Hema Anita, S.Ag
NIP.19750405 200501 2 006
SEKOLAH
MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 3
PADANG
PANJANG
2013
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA/MA
Mata Pelajaran : PAI
Kelas/Semester : X/ I
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit (1
Kali pertemuan)
A. Standar
Kompetensi
1. Memahami
hukum Islam tentang zakat
B. Kompetensi
Dasar
1.
Menjelaskan pengertian zakat
2.
Menyebutkan dasar hukum zakat
3.
Menyebutkan perundang-undangan tentang pengelolaan hukum zakat
4.
Menerapkan ketentuan perundang-undangan
tentang pengelolaan hukum zakat
C. Indikator
1. Menyebutkan pengertian zakat
2. Menjelaskan macam-macam zakat
3. Menyebutkan dasar hukum zakat
4. Menyebutkan perundang-undangan tentang pengelolaan hukum zakat
5. Menerapkan
ketentuan perundang-undangan tentang pengelolaan hukum zakat
D. Tujuan
1. Siswa mampu menyebutkan pengertian zakat
2. Siswa mampu menjelaskan macam-macam zakat
3. Siswa mampu menyebutkan dasar hukum zakat
4. Siswa mampu menyebutkan perundang-undangan tentang pengelolaan hukum zakat.
6.
Siswa mampu menerapkan
ketentuan perundang-undangan tentang pengelolaan hukum zakat
E. Materi
Ajar
ZAKAT
1.
Pengertian
Zakat
Zakat secara etimologi adalah suci, tumbuh berkembang, dan berkah, sedangkan Zakat secara terminologi
, zakat adalah kadar harta tertentu yang diberikan kepada orang yang berhak
menerimanya, dengan syarat tertentu.
2.
Dasar Hukum
Zakat QS. Al- Baqarah: 43
Dan
dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku'lah beserta orang-orang yang ruku”
QS. At- Taubah: 103
Ambillah zakat dari sebagian harta
mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan
mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa
bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.
3. Rukun zakat
Adalah: mengeluarkan sebahagian dari harta dengan melepaskan kepemilikan
terhadapnya, menjadikannya sebagai milik mustahiq (orang yang menerima zakat
tersebut).
4. Syarat zakat
1. Syarat Wajib Zakat
1)
Islam
2)
Merdeka
3)
Baligh dan berakal
4)
Hata yang dikeluarkan
2. Syarat Sah Zakat
1)
Niat
2)
Zakat tidak boleh dserahkan kpada
org gila/anak kecil yg belum mumayiz kecuali kepada ayahnya
3. Harta
yang wajib dizakatkan
1)
Zakat
Nuqud (emas, perak, dan uang)
2)
Zakat
Barang Tambang dan Temuan
3)
Zakat
Harta Perdagangan
4)
Zakat
Tanaman dan Buah-buahan
5)
Zakat
Binatang Ternak
4. Kelompok Mustahiq Zakat
1)
Orang Fakir
2)
Orang Miskin
3)
Badan Amil Zakat
4)
Mu’allaf
5)
Memerdekakan Budak
6)
Orang yang Memiliki Hutang
7)
Orang yang Berjuang dijalan Allah (Fisabilillah)
8)
Orang yang Sedang Dalam Perjalanan
5. Macam-Macam
Zakat
1)
Zakat
Fitrah
Sedekah wajib yang dibayarkan menjelang idul fitri dengan beberapa
ketentuan dan persyaratan:
a.
Beragama
islam
b.
Pada saat
terbenam matahari terakhir bulan Ramadhan orang tersebut masih hidup dan baru lahir.
c.
Orang
tersebut memiliki kelebihan harta untuk keperluan makan pada malam hari raya
dan siang harinya
d.
Zakat fitrah dibayarkan sebanyak 3,5
liter / orang.
2) Zakat Mal
Zakat mal (Zakat Harta): sesuatu yang dikeluarkan dari harta kita, apabila
telah sampai nisabnya
Nisab Zakat
Mal
No
|
Jenis
harta
|
Nisab
|
Kadar
Zakat
|
1
|
Emas
|
85 gram
|
2,5
%
|
2
|
Perak
|
672 gram
|
2,5
%
|
3
|
Peternakan
kambing
|
40-120
ekor
|
1
ekor kambing betina umur 2 th
|
121-200
|
2
ekor kambing bertina umur 2 th
|
||
201-399
|
3
ekor kambing betina umur 2 th
|
||
>
400
|
4
ekor kambing betina umur 2 th
|
||
Setiap
bertambah 100 ekor
|
Bertambah
1 ekor zakatnya
|
No
|
Jenis harta
|
Nisab
|
Kadar Zakat
|
Sapi dan kerbau
|
30-39
|
1 ekor sapi umur 2 th
|
|
40-59
|
1 ekor sapi umur 2 th
|
||
60-69
|
2 ekor sapi umur 1 th
|
||
> 70
|
2 ekor sapi umur 2 th
|
||
Setiap bertambah 30 ekor
|
Bertambah 1 ekor
|
||
No
|
Jenis harta
|
Nisab
|
Kadar Zakat
|
4
|
Pertanian
|
930 liter
|
10 % sawah tadah hujan
|
5 % sawah irigasi
|
|||
5
|
Rikaz/barang temuan
|
Tidak ada nisab
|
20 %
|
6
|
Perikanan/tanaman hias
|
Standar emas
|
2,5%
|
7
|
Harta perniagaan
|
Standar emas
|
2,5 %
|
6. Hikmah zakat
a.
Sebagai
perwujudan keimanan kepada Allah SWT, mensyukuri nikmatNya
b.
Mendidik
berinfak dan memberi
c.
Menumbuhkan
berakhlak dengan akhlak Allah
d.
Zakat
merupakan manifestasi dari syukur atas nikmat Allah SWT.
e.
Zakat
dapat mengobati hati dari cinta dunia.
f.
Zakat
dapat mengembangkan kekayaan batin.
g.
Zakat
dapat mensucikan harta dan mengembangkan harta.
h.
Untuk
menolong fakir miskin.
7. Perundang-undangan tentang pengelolaan hukum zakat
UU zakat yaitu UU No. 38
tahun 1999 tentang pengelolaan zakat terdiri dari 10 BAB, 125 pasal, kemudian
SK mentri Agama RI tanggal 13 Oktober 1999 No 581 tahun 1999 tentang
pelaksanaan UU No. 38 tahun 1999.
8. Azaz dan tujuan pengelolaan zakat
Dalam Bab II pasal 4 dan 5
azaznya iman dan taqwa, keterbukaan, kepastian, hukum yang sesuai dengan
Pancasila dan UUD 1945.
F. Metode
Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Tanya Jawab
4. Inkuiri
G. Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
1. Pendahuluan/Pembuka
a) Kegiatan Guru
1) Menyiapkan mental siswa, diantaranya; membaca
Basmalah dan berdoa, mengambil absen siswa, memeriksa kesiapan lokal dan
siswa.
2) Memotivasi siswa untuk mengikuti pembelajaran
dengan menjelaskan tujuan pembelajaran
3) Apersepsi dan mengaitkan materi sebelumnya dengan
materi yang akan diajarkan.
4) Mengadakan preetes, untuk menguji pemahaman siswa mengenai
materi yang akan diajarkan.
b) Kegiatan Siswa
1) Membaca Basamalah dan berdoa.
2) Mendengarkan guru mengambil absen.
3) Menyiapkan diri mengikuti PBM.
4) Mendengarkan guru menjelaskan tujuan pembelajaran
dan metode yang digunakan dalam PBM.
5) Menjawab pertanyaan guru seputar materi yang akan
dipelajari, serta mengikuti preetes yang diadakan oleh guru.
|
15
menit
|
2. Kegiatan Inti
a) Eksplorasi
1) Kegiatan Guru
a) Guru menjelaskan meteri pembelajaran kepada siswa.
2) Kegiatan Siswa
a) Siswa mendengarkan dan memperhatikan penjelasan materi pembelajaran yang
disampaikan oleh guru.
b) Siswa mencatat hal yang penting dari penyampaian
materi dari guru.
b) Elaborasi
1)
Kegiatan Guru
a)
Guru
melibatkan peserta didik dalam menggali informasi mengenai materi pelajaran.
b)
Melibatkan
peserta didik dalam pembelajaran, serta menciptakan suasana kelas yang
kondusif dengan pola interaksi yang terarah.
c)
Guru
memberikan soal mengenai materi yang diajarkan
d)
Bagi siswa
yang benar memberikannya reword.
2)
Kegiatan Siswa
a) Melibatkan diri dalam aktifitas pembelajaran.
b) Berkompitisi dalam menjawab pertanyaan yang
disampaikan oleh guru
c) Konfirmasi
1) Kegiatan Guru
a)
Memberikan penguatan mengenai materi pelajaran.
b)
Menjawab pertanyan/persoalan yang belum dipahami oleh siswa.
2) Kegiatan Siswa
a)
Mendengarkan penguatan materi
pembelajaran yang di sampaikan oleh guru.
b)
Menanyakan persoalan yang belum dipahami.
|
50
menit
|
3. Penutup
a.
Kegiatan Guru
1)
Menyimpulkan hasil pembelajaran dengan bersamaan membimbing peserta
didik mengambil kesimpulan hasil pembelajaran.
2)
Memberikan umpan balik kepada siswa berkenaan dengan materi pelajaran.
3)
Melakukan penilaian berkenaan dengan materi pelajaran.
4)
Memotivasi siswa dalam pembelajaran dengan menerapkan sistem Riward.
5)
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
6)
Menutup pembelajaran dengan membaca Hamdallah.
b.
Kegiatan Siswa
1)
Mendengarkan dan mencatat kesimpulan pembelajaran pada hari itu.
2)
Mengikuti penilaian yang dilaksanakan oleh guru.
3)
Mendengarkan guru menyampaikan rancangan pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
4)
Menutup pembelajaran dengan membaca Hamdallah
|
25
menit
|
H. Media
dan Sumber Belajar
1. Media
a) Power
Point
b) Infocus
2. Sumber
a) Suci
Rahayu & Toifuri, 2007 Pendidikan Agama Islam SMA (Jakarta: Ganesa
Exact)
b) Al-Qur’an
dan terjemahannya
I. Jenis
Penilaian
1.
Teknik : Tulisan
2.
Bentuk instrumen : Esay
Guru Pembimbing Padang Panjang,25 Februari 2012
Mahasiswa
Hema
Anita, S.Ag Zainal
Masri
NIP.19750405 200501 2 006 NIM.
09.101.023
Tidak ada komentar:
Posting Komentar